Work From Home Bikin Stres? Ini 7 Tips Mengatasinya

3 Kehebatan Finlandia Selain Pendidikan
April 24, 2019
Serunya aktivitas virtual bertemakan “Tumbuhan”
November 5, 2020
Show all

Work From Home Bikin Stres? Ini 7 Tips Mengatasinya

Sahabat KiTa, masa pandemi telah banyak mengubah kebiasaan kehidupan kita. Tidak jarang hal ini menyebabkan stres bagi sebagian orang, terutama dengan Work From Home (WFH) yang saat ini dijalani oleh banyak orangtua. Saat WFH tentu akan ada beberapa hal yang menjadi distraction, sebagai contoh, menyelesaikan pekerjaan kantor, berbagai pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan, belum lagi perlu mengurus keperluan anak, mendampingi anak belajar, menghadapi emosi anak, dan lain sebagainya. Hal inilah yang terkadang membuat stres para orangtua pada saat WFH.

Agar WFH tetap menyenangkan, berikut 7 tips mengelola stres saat WFH yang bisa Sahabat KiTa lakukan;

1. Melakukan relaksasi
Tidak ada salahnya Sahabat KiTa meluangkan waktu sebentar untuk melakukan relaksasi yang tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan emosional Sahabat. Lakukan tarik napas dalam-dalam sambil menutup mata, tenangkan diri Sahabat dan sadari emosi yang sedang Sahabat alami.


People photo created by pressfoto – www.freepik.com

2. Me Time
Carilah aktivitas yang membuat Sahabat KiTa bahagia, namun tetap bisa dilaksanakan di rumah. Pilihlah waktu yang tepat misalnya di malam hari setelah pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah Sahabat selesai dikerjakan. Tentukan aktivitas seru yang bisa Sahabat laksanakan, misalnya menonton, melakukan perawatan diri, memasak, berselancar di sosial media dan lainnya.


Love photo created by senivpetro – www.freepik.com

3. Planning
Membuat perencanaan akan membantu Sahabat KiTa mampu menyusun berbagai aktivitas yang akan Sahabat laksanakan esok hari. Dengan begitu, Sahabat bisa memprediksi suatu kejadian dan memiliki solusi untuk menghadapinya. Dengan adanya perencanaan, Sahabat akan fokus pada apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan dapat menentukan skala prioritas sehingga bisa mengurangi kecemasan yang mungkin akan terjadi.


Business photo created by freepik – www.freepik.com

4. Menjaga Kesehatan
Stres bisa menyebabkan Sahabat KiTa malas makan, susah tidur, sakit kepala, dan lain sebagainya sehingga daya tahan tubuh Sahabat menurun. Oleh karena itu, Sahabat perlu secara sadar menjaga kesehatan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi secara teratur, meluangkan waktu untuk berolahraga, istirahat, minum vitamin dan air mineral yang cukup.


Background photo created by schantalao – www.freepik.com

5. Berkomunikasi Dengan Pasangan
Komunikasi dengan pasangan sangat penting dibangun secara efektif. Saat WFH, Sahabat KiTa akan menyadari bahwa ada banyak hal yang tidak bisa sepenuhnya diserahkan kepada asisten rumah tangga. Oleh karena itu, Sahabat perlu mengomunikasikannya dengan pasangan agar bisa berbagi peran dan tugas. Komunikasikan berbagai hal dengan pasangan agar bisa mengurangi stres yang Sahabat rasakan. Sampaikan perasaan, keluh kesah, kejadian, dan lain-lain agar empati antar pasangan bisa bertumbuh, sehingga kerjasama dan pembagian tugas bisa terjalin dengan baik.


Love photo created by freepik – www.freepik.com

6. Membuat Jurnal
Membuat jurnal dipercaya bisa membantu seseorang melepaskan beban berat yang sedang dihadapi, karena dengan menulis jurnal, Sahabat bisa mengidentifikasi masalah yang sedang Sahabat hadapi. Menurut Janti Alterjiwo dari “Lingkar Belajar Rumah Maguwo” (2020) membuat jurnal dapat mengurangi stres. Dibuktikan melalui riset, bahwa menulis secara ekspresif dapat mengurangi kegiatan di amygdala, area di bagian otak yang berfungsi mengontrol intensitas emosi. Selain itu menjurnal di kala merasa marah, sedih, cemas dapat menenangkan, mengontrol emosi yang kuat, mengonfrontasi emosi secara kerap dan berkala, serta lebih in-tune dengan pikiran dan perasaan.


Book photo created by wayhomestudio – www.freepik.com

7. Sesuaikan dengan kemampuan
Jangan pernah memaksakan diri untuk melakukan segala sesuatu secara bersamaan yang melebihi kemampuan Sahabat KiTa, baik dari segi waktu, tenaga, maupun pikiran. Jika dirasa tidak mampu, mintalah bantuan dari orang lain atau konsultasikan dengan orang yang bisa sahabat percaya.


People photo created by pressfoto – www.freepik.com

Demikian 7 tips yang bisa Sahabat KiTa lakukan. Semoga WFH tidak lagi membuat Sahabat stres, namun bisa dijalani dengan penuh kebahagiaan. Salam Cerdas Gemilang!

Penulis: Nova Agnesha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//]]>