Program

Konsep Pendidikan

Pembimbing dan orang tua menjadi mitra anak serta menerapkan pendekatan yang menyenangkan dan sesuai kebutuhan setiap individu, berdasarkan nilai nilai berikut:

  1. Berlaku adil tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan status ekonomi.
  2. Menghargai ide, kreativitas dan pilihan anak.
  3. Menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang aman dan nyaman.
  4. Tidak membandingkan, mengolok olok dan bergunjing.
  5. Tulus ikhlas dan bersikap lemah lembut.
  6. Berbuat baik, saling memaafkan dan senantiasa melaksanakan perbaikan
  7. Memberikan hak anak untuk bermain dan memupuk pengalaman (menjelajah dan menemukan)
  8. Budaya berkolaborasi (gotong royong)
  9. Pembimbing dan Orang tua sebagai panutan

Cocurriculum Kirkas Tahti terdiri dari komponen Akademik, Non-Akademik, Spiritual, dan Pembiasaan. Kegiatan belajar mengajar di Kirkas Tahti adalah sebuah rangkaian aktivitas terpadu yang memaparkan dan menanamkan kepada anak mengenai hal hal berikut ini:

  • Penanaman pola hidup sehat
  • Kondisi belajar Menyenangkan, interaktif, mengasah critical thinking, menjelajah, dan menemukan
  • Lingkungan: Aman, nyaman & sesuai kebutuhan anak
  • Pembiasaan : Aplikasi kegiatan berbuat baik, peduli, produktif dan kemandirian
  • Materi akademik : Sosial emosional, Bahasa (Bahasa Ibu), Seni dan Musik, Sains, Matematika, Teknologi.
  • Sosial : Membangun hubungan positif dengan keluarga dan lingkungan

Rutinitas Harian

Selama anak mengikuti kegiatan bimbingan di kelas Kirkas Tahti, mereka akan mengikuti serangkaian rutinitas yang memenuhi kebutuhannya untuk :

1. Bergerak (Melatih koordinasi otak dengan panca indera dan seluruh anggota tubuh).
2. Menjelajah dan menemukan hal yang disukainya secara individu.
3. Mengembangkan kreativitas melalui kegiatan yang diminatinya.
4. Menjadi bagian dan terlibat aktif dalam aktivitas kelompok.
5. Mandiri.
6. Nilai-nilai positif pancasila serta kebiasaan berbuat baik, memaafkan, berbagi, produktif dan bermanfaat.
7. Mengenal dan menghargai asal usulnya sebagai warga negara Indonesia.

Fasilitas

Semua fasilitas dan perlengkapan terbuat dari bahan yang aman serta ramah untuk anak usia dini. Berikut fasilitas yang tersedia di Kirkas Tahti:

Ruang belajar dengan tata ruang yang mendukung aktivitas penjelajahan anak
Area bermain indoor, outdoor, dan aneka permainan edukatif
Loker Peserta
Ruang makan dan perlengkapan makan
Perpustakaan dan multimedia
Makanan sehat
Keamanan: CCTV, pemadam api dan jalur evakuasi yang mudah
Kesehatan: Ruang UKS, P3K dan rujukan ke RS
Ruang tunggu pendamping anak
Area drop-off dan parkir mobil

Penunjang Kegiatan Bimbingan

Demi menunjang terlaksananya kerjasama yang baik antara anak – orangtua dan pembimbing, maka Kirkas Tahti menerapkan lembar aktivitas serta langkah berikut ini :

Buku Petunjuk Orangtua


Orangtua akan dibekali dengan Buku Petunjuk Orangtua yang di dalamnya memuat mengenai berbagai ketentuan dan kebijakan sekolah. Bila orangtua memilki pertanyaan lebih detail, maka pembimbing atau staf kami akan dengan senang hati melayani semua pertanyaan di waktu yang sesuai dengan jadwal kedua belah pihak. Komunikasi bisa dilaksanakan melalui tatap muka secara langsung, via telfon, pesan singkat atau email.

Lembar Kerja Interaktif (LKI)


Hubungan yang harmonis antara anak dan orangtua/anggota keluarga adalah salah satu kunci sukses pengasuhan. LKI memfasilitasi agar setiap anggota keluarga dan anak tetap berkomunikasi secara positif melalui pelaksanaan berbagai kegiatan secara bersama-sama. Segala ide yang tercantum dalam LKI hanyalah referensi, tentu saja anggota keluarga dan anak bisa memilih dan menentukan sendiri aktivitas yang sesuai minatnya. Catatan orangtua yang dituliskan di dalam LKI menjadi salah satu cara agar pembimbing dan orangtua mengetahui perkembangan anak selama mereka berada di rumah.

Portofolio


Portofolio memuat catatan perkembangan anak selama 1 semester. Perkembangan anak dapat dilihat baik secara visual (foto) maupun narasi yang ditulis oleh pembimbing yang mendampingi dan mengobservasi anak selama kegiatan belajar berlangsung.

Student Centered


Tidak selamanya anak dalam kondisi yang siap belajar dalam lingkaran besar. Di saat anak membutuhkan perhatian khusus, maka pembimbing di student center kami siap mendampingi sampai anak merasa siap untuk bergabung kembali bersama teman-temannya.

Observasi dan Buku Anak


Observasi dan buku anak menjadi catatan khusus bagi staf pendidikan dan kesehatan kami, agar kelak setiap anak bisa mendapatkan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhannya. Catatan anak mendokumentasi perkembangan harian baik dari segi fisik, psikologis, kognitif maupun sosial.

Lembar Berbuat Baik


Lembar berbuat baik menjadi salah satu sarana pengingat bagi pembimbing, khususnya orangtua dan anak agar senantiasa melaksanakan perbuatan positif dan bermanfaat untuk diri sendiri serta berbagai pihak yang ada di lingkungan anak. Lembar berbuat baik akan dicantumkan di dalam Lembar Kerja Interaktif (LKI).

Kunjungan Rumah


Bila orang tua berkenan, pembimbing akan melaksanakan kegiatan berkunjung ke rumah. Aktivitas ini bisa menumbuhkan hubungan yang lebih erat antara pembimbing – anak dan orangtua. Selain menjalin silaturahim, momen kunjungan juga menjadi kesempatan bagi orangtua untuk menceritakan perkembangan anak, sehingga pembimbing mendapatkan gambaran secara langsung mengenai sikap dan perkembangan anak selama di rumah. Informasi ini sangat bermanfaat dalam menentukan pendekatan selanjutnya ketika anak berada di sekolah.

Pertemuan Pembimbing dan Orangtua


Pertemuan pembimbing dan orangtua dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam satu tahun, melalui pertemuan ini orangtua bisa berdiskusi lebih dalam dengan pembimbing mengenai perkembangan dan pertumbuhan anaknya. Di luar jadwal rutin tersebut, bila dibutuhkan maka orangtua juga bisa meminta waktu khusus untuk berkonsultasi dengan pembimbing.
//]]>