Pendidikan Kesehatan Terintegrasi

Apa yang dimaksud dengan tumbuh kembang secara utuh?

Tumbuh kembang yang utuh terdiri dari 4 pilar, sebagai berikut:

  1. Kesehatan (fisik) : Setelah melampaui serangkaian pemeriksaan kesehatan, rekam jejak kesehatan anak terdokumentasi dan dapat diakses melalui aplikasi memo bayi di telepon genggam/komputer Ayah dan Bunda. Program tumbuh kembang pendidikan dan kesehatan dilanjutkan dengan pemeriksaan rutin. Pemeriksaan rutin dua komponen tersebut mem- bantu kita untuk sedini mungkin mengetahui ke- mungkinan timbulnya penyimpangan kesehatan dan hambatan penyerapan program pendidikan, se- hingga langkah preventif dapat dilakukan. Catatan tumbuh kembang dan pendidikan akan membantu pembimbing dalam memfasilitasi  kebutuhan anak di kelas.
  2. Psikologis : Menerapkan konsep pendidikan yang membangun suasana belajar kondusif, melalui pendekatan  tidak menilai, tidak membandingkan , menghargai kreativitas anak, tidak mengolok-olok dan program belajar kolaboratif. Anak yang tenang dan bahagia akan lebih cepat menyerap informasi dan lebih mudah dalam berinteraksi dengan be- ragam individu yang ada di lingkungannya.
  3. Kognisi : Menerapkan pendekatan komunikasi dua arah, problem solving, anak diberikan kesempatan menjelajah dan menemukan sesuai minat serta pengalamannya. Pendekatan yang tepat akan membangun kemampuan berpikir kritis yang sangat penting dalam membuat rencana dan mengambil keputusan.
  4. Sosial : Bukan sekedar pintar secara akademis, peserta KIRKAS TÄHTI juga ditanamkan budaya berempati, berbuat baik, toleransi, peduli, produktif dan siap berkontribusi positif di masyarakat dan lingkungan.

Bagaimana penerapan empat (4) pilar dalam program KIRKAS TÄHTI?

Keselarasan antara budaya di sekolah dan rumah sangat- lah penting. Dalam pelaksanaan  program pembelajaran, KIRKAS TÄHTI membangun kemitraan antara staf sekolah – anak – keluarga.  Berikut program KIRKAS TÄHTI:

  • Program Pendidikan: Program Berbuat baik , Bahasa, Sains, Matematika, Teknologi, Field trip, acara tematik (melibatkan tokoh masyarakat, keluarga peserta, dan perayaan hari khusus) dan Kemandirian.
  • Program Kesehatan: Sebelum resmi terdaftar sebagai murid di PAUD KIRKAS TÄHTI, anak melalui tahapan pre screening, konsultasi kesehatan dan pemeriksa- an kesehatan rutin dengan berbagai dokter spesialis, yaitu dokter mata, dokter gigi, dokter rekam medis, dokter THT dan dokter anak.
  • Program Orang Tua : Workshop dengan tema Kesehatan dan Pendidikan bagi ayah dan bunda. Buku Petunjuk dan Lembar Kerja Interaktif menjadi sarana komunikasi antara orang tua – pembimbing – anak.
  • Program Lepas Sekolah: Selepas jam sekolah anak bisa mengikuti kegiatan menyenangkan sampai dengan jam tertentu (sesuai pilihan orang tua). Pilihan aktivitas lepas sekolah disesuaikan dengan pilihan anak, opsi kegiatan berhubungan dengan hasta karya, Seni Tari, Teknologi dan Komputer, dan Bahasa Inggris.
//]]>