KIRKAS TÄHTI Mengadakan Playdate Outdoor di masa Pandemi.

Anak Belum Punya Minat Belajar CALISTUNG? Jangan Khawatir, Perkenalkan Pra-Calistung!
November 16, 2020
Menjadi Youtuber Cilik Sukses Ala Ryan dan Nastya
December 7, 2020
Show all

KIRKAS TÄHTI Mengadakan Playdate Outdoor di masa Pandemi.

Halo sahabat KiTa! Tidak terasa sudah 8 bulan kita menjalankan kegiatan sehari-hari dari rumah saja, dikarenakan adanya pandemic Covid-19. Kegiatan belajar-mengajar pun telah dilakukan secara daring, sehingga hal tersebut tentunya menimbulkan kerinduan bagi anak-anak untuk dapat bermain bersama dengan teman-teman dan juga para pembimbing di sekolah.

Untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut, KIRKAS TÄHTI telah mengadakan kegiatan Playdate Outdoor pada hari Minggu, tanggal 15 November 2020 di daerah Andara, Pangkalan Jati Baru, Cinere Depok. Playdate outdoor ini akan dilaksanakan secara berkala yaitu sebanyak 2 kali pada bulan November 2020, dan akan melibatkan peserta umum mulai bulan Desember 2020 tentunya dengan melaksanakan seluruh protokol kesehatan yang dianjurkan.

Playdate Outdoor ini dibatasi hanya untuk 3-4 orang peserta, dengan masing-masing hanya didampingi oleh 1 pendamping, baik orangtua maupun wali. Playdate kali ini pun terlaksana sekitar 2 jam dan diikuti oleh 3 peserta. Kegiatan playdate berjalan dengan sangat menyenangkan, terlihat dari antusiasme para peserta yaitu Afkar, Naisha, dan Lentera. Berikut beberapa kesan yang disampaikan oleh orangtua peserta:

Ibu Rafinska “Afkar senang sekali main dengan teman dan kakak-kakak. Kalau tidak ada halangan, nanti mau daftar untuk playdate selanjutnya.”

Ibu Alin “Naisha senang sekali, senang main pancing ikan, main dengan kakak-kakak pembimbing, padahal sempat dikira bakal menangis karena playdate hanya sama papanya.”

 

Adapun sebagai informasi dan pertimbangan orangtua, Kirkas Tahti menerapkan peraturan ketat Playdate Outdoor berkenaan dengan protokol kesehatan sebagai berikut ;

  1. Sebelum pelaksanaan:
  2. Tetap di rumah selama 14 hari sebelum waktu playdate outdoor.
  3. Peserta perlu mengisi self assessment risiko COVID-19. Jika hasil self assessment memiliki risiko besar COVID-19, agar diminta melakukan pemeriksaan kesehatan ke fasilitas pelayanan kesehatan terlebih dahulu atau menunjukkan hasil pemeriksaan bebas COVID-19 yang masih berlaku meliputi

– Hasil test serologi imunitas / Swab : Non Reaktif / Negatif

– Masa berlaku : 3 hari sebelum tes dan sesudah melakukan test tidak pergi kemanapun

  1. Pastikan semua pihak yang akan terlibat dalam playdate outdoor dalam kondisi sehat selama di rumah.
  2. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.
  3. Orangtua mengisi surat pernyataan yang berupa menyatakan secara sadar bersedia mengikuti kegiatan Playdate Outdoor dalam bentuk kegiatan tatap muka pada masa pandemi Covid-19 yang akan dilaksanakan di luar lokasi sekolah Kirkas Tahti. Bersedia menanggung segala risiko akibat keikutsertaan dalam kegiatan ini dan tidak akan menyalahkan dan menuntut kepada pihak sekolah dalam bentuk apapun.

 

Saat pelaksanaan :

  1. Memastikan seluruh lingkungan dan peralatan yang digunakan dalam kondisi bersih dengan melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala sebelum dan sesudah digunakan.
  2. Memastikan semua pembimbing memakai alat pelindung diri seperti masker, face shield dan sarung tangan
  3. Anak dan Pendamping membawa masker dan face shield masing-masing.
  4. Memastikan semua pihak yang terlibat dalam kondisi tubuh yang sehat / tidak dalam kondisi

sakit dengan melakukan pengecekan suhu tubuh

  1. Jumlah pendamping 1 orang
  2. Menjaga kualitas udara dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari.
  3. Melaksanakan protokol Kesehatan, melaksanakan 3 M :

– Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir

– Memakai masker saat beraktivitas

– Menjaga jarak

– Menghindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut.

  1. Mengupayakan pembayaran secara nontunai (Cashless)
  2. Lokasi parkir di luar lokasi playdate outdoor (sistem antar jemput)

 

Pasca Acara :

  1. Memastikan seluruh lingkungan dan peralatan yang sudah digunakan dibersihkan dengan menggunakan disinfektan dan dikembalikan ketempat semula.
  2. Tetap melaksanakan protokol kesehatan
  3. Saat tiba di rumah, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah, serta membersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan PHBS seperti mengkonsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan istirahat yang cukup dengan tidur minimal 7 jam, serta menghindari faktor risiko penyakit.

 

Untuk kedepannya, Playdate Outdoor Kirkas Tahti akan menyuguhkan berbagai tema menarik dan kegiatan seru yang bisa diikuti oleh anak-anak ( usia 3 – 9 tahun). Nah bagaimana Sahabat KiTa, berminat daftar Playdate Outdoor Kirkas Tahti ? Ayo segera hubungi kami dan daftar sejak sekarang agar protokol Kesehatan pra acara Play Date bisa dilaksanakan dengan disiplin.

Salam sehat dan sampai ketemu di Playdate Outdoor KirkasTahti selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//]]>